Optimalisasi dan Perlindungan pada Feed (Umpan Situs) dan Cara Membuat Feedburner


Sobat akan merasa gondok/kesal jika ada penulis lain yang melakukan copy/paste seluruhnya pada artikel Sobat lalu yang melakukanya sudah mempunyai blog ternama, sudah tentu yang akan muncul adalah blog ternama tersebut pada sistem pencarian awal. Untuk mengantisipasinya Cobe akan memberikan cara simpel yang akan membuat artikel Sobat aman selain, Cara klik kanan non-aktif pada kebanyakan blog atau Cara disable klik sorot pada text yang sudah terlalu mainstream.

Feed

Feed berguna untuk membagikan konten blog, yang mana sebagai asisten pemberi informasi bagi pembaca setia terutama yang telah berlangganan. Yaitu ketika Sobat membuat artikel baru maka para pengikut blog atau follower dan para pembaca langganan atau subscriber akan mengetahuinya. Feed identik dengan RSS (Rich Site Summary), yaitu umpan yang memberikan informasi perubahan konten situs web. Selain memberikan informasi terbaru bagi pembaca, Feed juga dapat membuat para pencari copy bergentayangan, karena dengan mudahnya mereka mendapatkan artikel menarik lalu mendapatkanya untuk di simpan pada blog mereka (termasuk Cobe ya). Nah untuk itu Cobe kasih solusinya nih...

1. Mengatur Bagian Konten yang Dibagikan

Blogger menyediakan beberapa cara bagaimana Sobat membagikan konten blog, nah ini yang seharusnya kita teliti sebelumnya:
  • Penuh: Menampilkan seluruh konten setiap entri.
  • Sampai Lompat Baris: Menampilkan konten sebelum batas pos (jump break).
  • Singkat: Menampilkan kutipan awal setiap entri, sekitar 400 karakter pertama.
  • Tidak Ada: Menonaktifkan seluruh umpan situs.
  • Khusus: Mengatur opsi lanjutan untuk entri blog, umpan komentar, atau umpan komentar.
2. Mengubah Arah Feed Alamat URL

Secara default, blogger menyediakan dua jenis pengubahan arah feed, yakni Atom dan RSS. Untuk membagikan seluruh konten, Sobat bisa menggunakan (ubah warna merah dengan blog Sobat):
Atom 1.0: http://
contoh-blogger.blogspot.com/feeds/posts/default
RSS 2.0: http://
contoh-blogger.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

Jika Sobat tidak ingin blogger mengalihkan umpan situs Sobat, biarkan saja kosong. Tapi untuk mengoptimalkan umpan situs, daripada menggunakan atom maupun rss, apalagi membiarkan kosong, Cobe sarankan untuk menggunakan pengalihan FeedBurner.

Membuat Google FeedBurner Sebagai Penyalur Feed Blog

Feedburner adalah salah satu penyedia pengalihan alamat url untuk umpan situs blog. Sebagai penyalur feed, feeedburner memiliki banyak fitur dan opsi untuk mengoptimalkan atom maupun rss yang ditampilkan ke pembaca. Berikut ini cara mendaftar di feedburner.
1. Kunjungi Google FeedBurner, masukkan email dan sandi.
2. Isi dengan alamat blog, klik Next
3. Di bagian sumber feed, pilih Atom atau RSS, lalu Next

4. Masukan nama, judul dan alamat url feed blog Sobat. Untuk memudahkan, isi Feed Title dengan judul blog dan Feed Address dengan judul blog tanpa spasi. Jika sudah digunakan, pilih alamat lainnya. Kemudian pilih Next.


5. Nah jika sudah berarti Sobat sudah berhasil mengaktifkan umpan situs di feedburner, pilih Skip directly to feed management.


Jika tahap ini sudah selesai maka Sobat bisa ke pengaturan Feed yang ada di pengaturan Blog Sobat.

1. Masuk ke dashboard blogger, pilih blog anda. Di menu Setelan > Lainnya, perhatikan pilihan Umpan Situs.
2. Pada Posting URL Pengubahan Arah Feed, isi dengan alamat feedburner blog.


3. Simpan Setelan.


Yup, itulah cara mengoptimalkan Umpan Situs dengan menggunakan Feedburner dan menjaga artikel dari pencurian dan penyalahgunaan Feed dengan pengaturan Feed di blog. Semoga bermanfaat Sobat SICOBE.

Source from optimal-blogger

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Optimalisasi dan Perlindungan pada Feed (Umpan Situs) dan Cara Membuat Feedburner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel